CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 16 Januari 2009

Ringkasan kuliah bagian 14

1. Pemasaran & Penjualan
a) Pasar
* Tujuan atau sasaran pelemparan produk
* Tempat bertemu & transaksi antara penjual dan pembeli (suply & demand)

b) Pangsa Pasar
* Bagian pasar yg akan kita raih dengan memper timbangkan produk atau jasa yg sama dari para pesaing, dari berbagai segi, misalnya ; harga, kualitas, pelayanan dll.

c) Pemasaran
* Bagian organisasi perusahaan yg melakukan perencanaan dan pelaksanaan dalam memasar kan produk atau jasa, dengan memperhatikan segala pertimbangan dan bersifat strategis

d) Pemasar
* Orang yang melakukan

e. Penjualan
* Penjualan (Sales) ; Pelaksanaan dari tujuan perencanaan pemasaran. Pada tahap ini terjadi transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli (konsumen)

f. Tenaga Penjual
* Orang yang melakukan penjualan prduk dan jasa. , bandingkan dg “ Salesperson”

g. Salesmanship

* Suatu kemampuan (pengetahuan, pengala man, teknik, seni, kiat dsb ) yang harus dimiliki oleh tenaga penjual.

h. Penjual
* Penjual produk atau jasa baik dlm b
entuk perorangan maupun

i. Pembeli
* Pihak yang mengeluarkan uang untuk mendapatkan produk atau jasa dari penjual, baik perorangan maupun perusahaan.

j. Konsumen
* Pemakai atau yang memanfaatkan barang atau jasa yang dijual



Pemasaran
Definisi : Suatu upaya produsen produk atau jasa untuk dapat mengidentifikasi calon-2 pembeli yg akan dijadikan suatu parameter dalam membuat rancangan bisnisnya. Untuk mengidentifikasi calon pembeli tersebut, produsen terlebih dahulu membuat rencana pemasaran dalam bentuk; study, survey, riset, jajak pendap

3. Salesmanship
Berbagai macam perasaan seorang Salesman
* Malu tidak diterima
* Malu ditolak, tidak dibeli
* Malu harga terlalu mahal
* Malu produk dikatakan buruk, jelek dll
* Malu dilecehkan
* Malu Pembeli tidak puas

0 komentar: